Buka menu

Gambar Mewarnai

Apa yang Membuat Virus Ini Menyebar - Mengenal Virus Covid 19

3 menit

Apa yang Membuat Virus Ini Menyebar - Mengenal Virus Covid 19

Pendahuluan

virus covid

Virus corona jenis baru (Covid 19) adalah virus paling berbahaya dan mematikan yang pernah terjadi di dunia. Para ahli kesehatan dunia sedang berusaha keras untuk memahami tentang virus ini agar dapat mencari solusi atas penyebaran virus ini.

Sebelum kita memahami tentang virus Covid 19 lebih jauh, mari kita berbicara tentang apa itu virus? Virus adalah mikroorganisme yang sangat kecil yang mengharuskan mereka menghuni tempat hidup makhluk hidup lainnya (inang) agar mereka bisa bertahan hidup dan berkembang biak. Virus tidak dapat dilihat dengan mata telanjang dan dapat menyerang hampir semua makhluk hidup seperti manusia, hewan dan tumbuhan.

Apa yang Membuat Covid 19 Menyebar?

penyebaran virus

Virus Covid 19 menyebar melalui kontak dengan droplet atau kuman yang terinfeksi. Droplet adalah partikel kecil yang dilepaskan dari mulut atau hidung ketika seseorang bersin atau batuk. Partikel kecil ini dapat berada di udara dan mendarat pada permukaan di sekitarnya. Jika orang menyentuh berbagai permukaan ini kemudian menyentuh wajah mereka, bisa terjadi penularan virus.

Cara utama penyebarannya adalah melalui batuk, bersin, atau berbicara dekat dengan orang yang terinfeksi. Selain itu, mengunjungi tempat publik seperti pusat perbelanjaan, restoran, pasar, dan lainnya membuat seseorang berisiko terkena Covid 19. Penyebaran virus ini juga bisa terjadi ketika kita memegang barang yang terkontaminasi oleh orang yang terinfeksi virus ini, seperti gagang pintu atau keran air.

Virus Apa yang Menyebar Covid 19?

Virus yang menyebabkan Covid 19 adalah virus yang sangat menular dan disebut Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Ini merupakan jenis baru dari keluarga virus corona yang belum pernah ditemukan sebelumnya pada manusia. Virus ini dapat menyebabkan penyakit pernapasan serius seperti infeksi paru-paru dan pneumonia.

Nama corona berasal dari latin corona, yang berarti mahkota atau halo. Hal ini disebabkan karena bintang-bintang pada virusnya menyerupai mahkota. Keluarga virus corona juga menjadi penyebab penyakit seperti SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) dan MERS (Middle East Respiratory Syndrome).

Bagaimana Virus Covid 19 Terdeteksi?

virus covid

Virus Covid 19 terdeteksi oleh tes PCR (polymerase chain reaction). Tes ini bekerja dengan mengambil sampel lendir dengan memasukkan swab ke dalam hidung atau tenggorokan seseorang. Sampel kemudian diuji di laboratorium untuk melihat apakah terdapat materi genetik dari virus Covid 19 dalam sampel tersebut atau tidak.

Ada juga tes antibodi yang mengetahui adanya antibodi dalam sistem kekebalan tubuh seseorang. Tes ini membantu orang mengetahui apakah mereka terinfeksi virus sebelumnya atau tidak.

Bagaimana Mencegah Penyebaran Covid 19?

Para ahli kesehatan menyarankan untuk melakukan beberapa tindakan pencegahan untuk membantu mencegah penyebaran Covid 19, seperti:

  • Menjaga jarak sosial dengan orang lain minimal 1 meter
  • Mencuci tangan secara teratur dengan sabun dan air selama minimal 20 detik
  • Menghindari kerumunan orang
  • Menghindari kontak dekat dengan orang yang sakit
  • Menghindari menyentuh wajah kita

Terakhir, yang paling penting adalah tetap tenang dan mengikuti arahan kesehatan yang diberikan oleh pemerintah atau lembaga kesehatan setempat, seperti berita terbaru tentang jenis virus Covid 19. Kita juga harus menjaga imunitas tubuh dengan berolahraga dan melakukan tes dari waktu ke waktu untuk melindungi diri kita dan para orang yang kita sayangi.